Just another free Blogger theme

Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Gunadarma University

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
nothing special about me

Followers

Info BAAK

Jumat, 31 Mei 2013

Teknologi Nusantara



Teknologi Nusantara di Bidang Pertanian

Kali ini saya akan membahas tentang perkembangan teknologi pertanian yang ada di indonesia, alat – alat yang di gunakan dari yang sederhana sampai yang modern sekarang ini. Perkembangan teknologi pertanian di Indonesia sebenarnya sudah sangat lama, berbagai alat pertanian seperti cangkul, garu, waluku (alat bajak), sabit, hingga ani-ani mungkin bisa dijadikan contoh teknologi pertanian yang pada zamannya sangat membantu kehidupan petani. Sejak manusia mengembangkan mesin-mesin pertanian, perlahan tapi pasti, teknologi pertanian yang sederhana mulai ditinggalkan karena dianggap tidak produktif. Penggunaan handtractor, tressure, hingga penggilingan padi dapat kita temui di berbagai pedesaan di Indonesia.


Berikut alat – alat pertanian jaman dulu :

Cangkul adalah satu jenis alat tradisional yang digunakan dalam pertanian. Cangkul digunakan untuk menggali, membersihkan tanah dari rumput ataupun untuk meratakan tanah. Cangkul masih digunakan hingga kini. Pekerjaan yang lebih berat biasanya menggunakan bajak. Cangkul biasanya terbuat dari kayu dan besi.

Garu ini matanya terdiri dari 4 Mata Garu dan terbuat dari besi beton, dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari plat besi ada juga garu yang bermata 6 atau 10 tergantung fungsi dan kebutuhannya. Kalo untuk taman biasanya lebih pendek dan kecil.
 
Bajak atau luku adalah alat yang biasa digunakan petani untuk mengolah tanah mereka sebelum ditanami dengan cara membalik tanahnya. Hal tersebut dimaksudkan agar kesuburan tanah sawah tetap terjaga, walaupun sudah di tanami tanaman beberapa kali. Bentuk bajak sendiri biasanya berupa kayu berbentuk segitiga dengan disambungkan ke hewan-hewan untuk menarik bajak tersebut. Hewan yang dipakai untuk membajak sendiri biasanya yaitu hewan-hewan yang jinak tetapi kuat, seperti halnya sapi dan kerbau.
Arit atau sabit adalah satu alat bantu pertanian sejenis pisau berbentuk melengkung yang digunakan untuk memotong berbagai jenis tumbuhan, rumput-rumputan, padi, jagung bahkan alat ini biasa digunakan untuk memotong kayu. Bagian dalam dari lengkungan berbentuk tajam, bentuk lengkung ini memudahkan dalam proses memotong dengan cara mengiris bagian bawah tanaman yang dipotong dengan cara mengayunkan seperti gerakan memarang dengan satu tangan, atau ketika untuk mengumpulkan rumput atau memanen tanaman padi tangan yang lain biasanya memegang pokok tanaman yang akan di tebas. Alat pertanian arit ini terbuat dari besi baja sehingga tidak akan peyok saat digunakan. Pada bagian pegangan arit atau sabit ini terbuat dari kayu yang disebut garan Dengan di pasangnya garan ini akan memudahkan dalam penggunaannya sekaligus lebih enak untuk dibawa.

Ani-ani atau ketam adalah sebuah pisau kecil yang dipakai untuk memanen padi. Dengan ani-ani tangkai bulir padi dipotong satu-satu, sehingga proses ini memakan banyak pekerjaan dan waktu, namun keuntungannya ialah, berbeda dengan penggunaan sebuah sabit atau arit, tidak semua batang ikut terpotong. Dengan demikian, bulir yang belum masak tidak ikut terpotong.

Berikut ini alat - alat pertanian modern :
Traktor tangan ini diciptakan di Cina, dengan fungsi utamanya adalah untuk mengolah tanah. Namun, sebenarnya traktor tangan ini memiliki banyak fungsi, seperti pompa air, alat prosesing,trailer, dan sebagainya. Alat ini diharapkan akan berguna di wilayah Indonesia terkenal sebagai negara agraris. Letaknya yang berada di jalur khatulistiwa membawa keuntungan tersendiri bagi kondisi tanah di Indonesia. Tanah-tanah di Indonesia bisa diolah menjadi lahan pertanian sehingga pertanian bisa menjadi mata pencaharian pokok masyarakat Indonesia pada umumnya. Bagaimanapun, mengolah tanah dalam bertani secara manual akan terasa lebih berat bagi petani. Untuk itu, diperlukan alat atau mesin untuk mempermudah pekerjaan petani dalam mengolah tanah sawahnya. Salah satunya adalah traktor tangan atau hand tractor/HT.

Power threser atau Mesin perontok padi adalah jenis mesin perontok yang telah terbukti handal dan sangat cocok dengan berbagai jenis lahan persawahan di Indonesia. Mesin perontok jenis ini telah banyak digunakan oleh petani di seluruh nusantara karena keunggulannya yang praktis dan mudah dipindahkan dari lahan satu lainnya. Digerakkan dengan mesin bertenaga diesel. Mesin perontok jenis ini dapat digunakan sebagai mesin perontok padi, perontok kedelai dan perontok jagung, dsb.
Hammermill adalah jenis mesin penepung yang digunakan untuk menghacurkan dan menghaluskan bahan - bahan yang keras sampai menjadi tepung. Bahan-bahan yang bisa dijadikan tepung dengan mesin ini antara lain kayu jati, tempurung / batok kelapa, cangkang kerang, biji jagung, tulang ikan dan sebagainya. Halus lembutnya tepung yang dihasilkan bisa diatur dengan ukuran screen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan mesin Hammer Mill Anda bisa membuat tepung kayu, tepung batok kelapa, tepung untuk bahan pellet yang berupa cangkang kerang, tulang ikan, biji jagung, dsb.
Emposan tikus adalah Alat Pengusir Hama tikus, dengan Mengunakan Asap Belerang yang dimasukan kedalam lobang tempat bersarangnya tikus, dengan cara di empos kan ke sarang Tikus. Alat Emposan tikus ini sering digunakan dalam kegiatan Gropyokan Tikus.
Mesin pembuat kompos adalah mesin untuk membuat kompos dengan cara memasukan bahan ke dalam mesin dan tekan tombolnya maka mesin akan mengahancurkan bahan tadi hingga menjadi kompos Bahan-bahan yang bisa dihancurkan dengan mesin grinder kompos ini antara lain : menghancurkan dan menghaluskan jerami, rumput, rumput gajah, jerami, kompos organik, ranting, kotoran ternak, dan bahan organik lainnya. 
Mesin penggiling padi mesin yang digunakan untuk mengupas padi memisahkanya antara padi putih (isinya) deng gabah (kulitnya) dengan cara memasukan padi ke dalam corong lalu mesin akan menggiling padi padi itu hingga terlepas dari kulitnya lalu beras akan keluar. 
Hampir semua proses pertanian, kini tidak lepas dari teknologi. Perusahaan benih menawarkan teknologi perbenihan dalam rangka menghasilkan benih yang unggul. Perusahaan- perusahaan alat pertanian pun bertebaran menawarkan produknya, mulai dari mesin pompa air, hand tractor, dan sebagainya. Perusahaan pupuk kimia dan obat-obatan dengan menggunakan teknologi yang canggih menawarkan berbagai produknya untuk meningkatkan produktifitas dan menangani hama penyakit. Mesin-mesin yang digunakan untuk pengolahan pasca panen juga semakin bertebaran.
Teknologi  pertanian modern secara umum dikuasi oleh perusahaan-perusahaan. Teknologi yang dulu bisa diproduksi oleh petani, perlahan digeser dengan produksi pabrik. Petani mau tidak mau tergantung dengan berbagai macam teknologi yang ditawarkan. Walaupun belakangan ini dunia pertanian merasakan dampak negatif teknologi seperti penggunaan pupuk yang berlebihan.
Teknologi sederhana yang dulu sangat dekat dan bisa diproduksi oleh petani harus menjadi pengalaman bagus, dimana perkembangan teknologi pertanian ke depan harus bisa dimengerti dan dijangkau oleh petani. Pemakaian teknologi tinggi di pertanian akan semakin menjauhkan petani dengan teknologi itu sendiri. Pertimbangan pertanian yang berkelanjutan dan tidak merusak ekosistem harus menjadi prinsip dalam membuat teknologi pertanian. Jika teknologi modern yang berkembang  hanya mengejar produktifitas tetapi tidak mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan maka teknologi yang awalnya untuk mempermudah, malah akan mempersulit manusia di kemudian hari.

Sumber Refrensi : 


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

12 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  2. alat alatnya lengkap gan. lagi nyari2 juga nih.
    yang butuh info pertanian, saya rekomendasikan jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia, adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah banyak orang yang mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia
    info ini juga dipersembahkan oleh minuman berenergi

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Agrarindo.com forum jual-beli komoditas agrobisnis.
    -bisa login lewat fb
    -posting iklan lewat hp dan desktop
    -share produk dan kontak lebih mudah
    -profil anggota mudah dilihat
    -navigasi situs mudah
    segera kunjungi agrarindo.com. ecommerce agrobisnis indonesia

    BalasHapus
  6. Agrarindo.com forum jual-beli komoditas agrobisnis.
    -bisa login lewat fb
    -posting iklan lewat hp dan desktop
    -share produk dan kontak lebih mudah
    -profil anggota mudah dilihat
    -navigasi situs mudah
    segera kunjungi agrarindo.com. ecommerce agrobisnis indonesia

    BalasHapus
  7. Anda bingung cari alat-alat laboraturium, alat peraga pendidikan, alat peternakan, alat pertanian dan perkebunan? Kami punya solusinya. Kunjungi website kami http://pdaagar.com/ disini banyak alat-alat yang anda butuhkan dan harganya sangat terjangkau tidak menguras banyak kantong anda, tunggu apalagi segera kunjungi website kami.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kami menyediakan berbagai alat pertanian tradisional seperti
    arit cangkul caping sorok, dll

    BalasHapus
  10. Layanan Pendanaan Le_Meridian melampaui dan melampaui persyaratan mereka untuk membantu saya dengan pinjaman saya yang saya gunakan memperluas bisnis farmasi saya, Mereka adalah permata yang ramah, profesional, dan mutlak untuk bekerja dengan. Saya akan merekomendasikan siapa pun yang mencari pinjaman untuk dihubungi. Email..lfdsloans@lemeridianfds.com Atau lfdsloans@outlook.com.WhatsApp ... 19893943740.

    BalasHapus